Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘Psikologi’

Narsis

Ternyata narsis itu didapat dari nama suatu penyakit kelainan mental gangguan kepribadian yang nama lengkapnya Narsisistik.

Orang dengan kepribadian narsis (sebutan penderita Narsisistik) punya kepercayaan diri (PD) yang berlebihan. Biasanya egois dan menganggap dirinya paling penting. O iya, sang narsis kadang juga terlalu sensitif dengan kekalahan dia ato kritik orang pada dia. Kalo dikritik dikit/diejek dikit dia pasti akan dengan mudahnya marah banget dan depresi yang berat.

lengkapnya silanhkan tancep gas menuju referensi

Advertisements

Read Full Post »

Teater Mental

Dari temen-temen Yahoo Answer.
Teater Mental. Pernah gak ngalamin ketemu seseorang trus rasanya paranoid gitu. Kayak ada ular melingkar di leher(?) pokoknya sulit ngomong trus rasanya menekan banget. Pengen ngomong bebas tapi waktu dicoba, kata-katanya ilang di tenggorokan. Kalo lawan bicaranya sang preman bersayap yang nunggang naga, udah pantes aja takut :mrgreen: tapi lha kalo ketemunya cuma sama temen yang engga akrab, guru, dosen, atau malah kakak sendiri? beneran ada lho yang kayak gitu. Rasanya aneh kayak lain dari yang lain 🙂
Nah, ini ada nih cara penyembuhan psikologis yang namanya teater mental. Aku sih belom pernah coba, ntar deh kalo inget. Gini caranya: (more…)

Read Full Post »

Sindrom tourette

Sindrom tourette atau yang sering disebut dengan distonia, adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh adanya masalah dengan saraf. Pengidap melakukan beberapa gerakan spontan yang diluar kesadaran. (latah adalah salah satu contohnya)

(more…)

Read Full Post »

kepribadian ganda

Pernah mendengar istilah Dissociative Identity Disorder? belum?hmh… :===3 kalo gitu pernah ga denger istilah kepribadian ganda? he…he… dan pernah juga nggak sih menduga diri kamu mengidap kepribadian ganda? kalo iya, dugaan kamu 99,99 % salah! 😛 koq bisa gitu siiih?
selain karna penderita kepribadian ganda itu dikiit banget, kadang orang bisa menduga2 kepribadian ganda itu kalo di rumah sifatnya ramee tapi kalo di luar jadi pendiam, kadang-kadang baik banget… bisa juga jahat banget…, ato malah siang Tono malem Tini. Tapi kepribadian ganda ngga sesederhana itu… >:)

Kalo seseorang mengidap kepribadian ganda, orang itu berasa ga sadarkan diri begitu kepribadiannya yang lain mengambil alih. Trus begitu dia sadar lagi bingung deh… lho aq kok disini… aku lagi ngapain ya…? jadi orang yang mengidap itu malah engga tau dirinya kena kepribadian ganda sebelum ada orang yang beritau dia. Psikolog juga ga asal bilang gitu aja, soalnya untuk memvonis seseorang mempunyai penyakit kepribadian ganda ini, butuh analisis sama pengamatan-pengamatan yang akurat. Fiuhh….

Trauma di waktu kecil disebut-sebut sebagay penyebab utamanya. katanya siih umur 4 sampe 6 taon. Trus masa kecilnya kelam gitu. Broken home, Pelecehan seksual, dll… bersyukurlah anda-anda yg masa kecilnya bahagia… fuhh :<

twin

Selain kepribadian ganda juga dikenal kepribadian majemuk. Hah apa lagi tuh… Kepribadian majemuk ato Multiple Personality Disorder itu hampir sama dengan kepribadian ganda, tapi kepribadiannya banyak… sepuluh misalnya, atau tujuh belas, ato mungkin kelak kamu ingin memecahkan rekor dengan mempunyai seratus kepribadian??

Silahkan kalo mau baca bukunya aku tau beberapa judul. Tapi aku belom pernah baca sih 😛

Menyingkap Karen (oleh: Richard Baer)
24 Wajah Billy (oleh: Daniel Keyes)
Sybil (oleh: Flora Rheta Schreider)

Yang udah pernah baca ceritain yah :>

Read Full Post »